Hello , welcome to my site :) enjoy !

welcome to my site, make your day to be fun with my world

Selasa, 07 Desember 2010

Statistika dan Masa Depanku

Statistika?
Apa itu Statistika? 
Sebagian besar mungkin sudah sering mendengar kata Statistika bahkan mengerti betul apa itu Statistika. Tetapi kenyataannya masih banyak orang disekitar kita yang tidak mengerti apa itu Statistika, padahal Statistika sering digunakan dalam dunia kerja seperti pabrik – pabrik, perkantoran maupun pedagang kecil bahkan sering kita gunakan dalam kehidupan sehari - hari. Tidak hanya mereka para wirausahawan saja yang menggunakan Statistika, kita sebagai mahasiswapun sering menggunakan ilmu tersebut.


Sebenarnya kita mengenal statistika sejak kita lahir. Tanpa kita sadari saat lahir, kita sudah dikenalkan yang namanya statistika. Hal yang paling sederhana misalnya : berat dan panjang badan kita saat lahir. Seringkali kita tidak menyadari bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari kita sudah melakukan penelitian, misalnya dalam membeli suatu barang yang berharga mahal seperti laptop, jam tangan, modem, dll  kita tentu saja melakukan penelitian ke toko-toko untuk membandingkan harga, fitur, maupun jaminannya. Memilih pacarpun mungkin juga bisa digolongkan sebagai penelitian. Penelitian dalam arti kita mengenal calon kita mulai dari kebiasaan, karakter, hoby, dan yang lainnya. Hal ini dikalangan muda sering disebut dengan istilah ‘PDKT’ alias pendekatan.

Definisi dari Statistika itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' berbeda dengan 'statistik'. Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedangkan statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.

Statistika ternyata menjadi alat analisis, tidak hanya dalam bidang keteknikan saja, tetapi kini telah meluas ke semua disiplin ilmu pengetahuan, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu social termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri. Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal oleh masyarakat kita. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan komting), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil suara) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

Saat ini Statistika merupakan bidang yang banyak dibutuhkan. Unit kerja seperti pengendalian kualitas, survey dan pendataan, pengolahan data, riset dan pengembangan, sistem perencanaan merupakan unit kerja yang melibatkan peran Statistisi.

Statistika adalah sebuah bidang yang cukup menarik, meskipun diawali dengan iseng saya masuk di bidang ini, namun setelah mendapatkan sedikit penjelasan tentang bidang Statistika saya mulai tertarik dengan bidang ini. Padahal sebelumnya saya tidak begitu mengerti apa itu Statistika. Yang saya tahu sebelumnya Statistika hanyalah sebuah bidang yang mempelajari tentang pengolahan data saja yang disana terdapat Mean, Median, Modus, Quartil, dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal lain yang membuat saya tertarik masuk di bidang Statistika. Menurut saya Statistika merupakan bidang yang sangat unik yang mempelajari tentang suatu pengolahan data. Pengolahan data merupakan hal yang sangat penting untuk segala hal. Disisi lain saya juga suka menghitung, dari kecilpun sudah suka dengan matematika. Kenapa saya lebih memilih bidang Statistika dari pada    bidang Matematika? Itu karena saya ingin mencoba sesuatu yang beda dari biasanya dan ingin mencoba berbagai tantangan yang ada di bidang Statistika, toh Statistika juga tidak jauh dengan unsur matematika yang dimana matematik adalah bidang kegemaran dan keunggulan saya.

Statistika juga merupakan bidang baru dari perluasan bidang Matematika, hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menarik hati saya untuk masuk di bidang Statistika, karena dalam bayangan saya bidang yang masih baru menghasilkan sarjana yang belum banyak dan nantinya peluang kerja yang di dapat cukup besar. Belajar ilmu Statistika juga sangat banyak  manfaatnya, misalkan kita sebagai mahasiswa, selain statistika dipelajari secara formal sebenarnya kita nantinya akan menggunakannya dalam perhitungan Indeks prestasi. Contoh lain misal dalam dunia bisnis, para pemain saham atau pengusaha sering menerapkan statistika untuk memperoleh keuntungan. Seperti menganalisis seberapa besar peluang untuk menanamkan saham.

Bicara soal peluang kerja, ini juga tidak lepas dari individu masing-masing, karena sebenarnya peluang kerja semua bidang itu sama, hanya saja jumlah pesaingnya yang berbeda. Misal Akuntan, sarjana Akutansi mungkin sudah sangat banyak, itulah jumlah pesaing yang harus kita hadapi. Tetapi berbeda dengan bidang Statistika, karena ini merupakan bidang baru, jadi sarjana Statistika lebih sedikit dari sarjana bidang lain yang sudah berdiri sebelum bidang Statistika.

Namun dalam menghadapi persaingan, kita harus mempunyai rencana kedepan yang akan dilakukan selama menjadi mahasiswa, khususnya sebagai mahasiswa Statistika karena kita masuk di bidang ini. Kalau hanya rencana untuk lebih giat belajar dan berusaha untuk menjadi yang terbaik mungkin sudah biasa orang mempunyai keinginan seperti itu, mungkin kita juga harus mempunyai keinginan untuk melatih, membentuk, ataupun mengembangkan diri. Hal tersebut biasanya dapat dilakukan dengan cara kita ikut serta  dalam sebuah organisasi.

Organisasi di tingkat Perkuliahan tentunya ada banyak sekali, mulai dari SENAT, BEM, HM, dan masih banyak organisasi-organisasi lainnya. Saya sendiri mempunyai rencana selama saya menjadi mahasiswa, saya ingin sekali mencoba untuk ikut dalam sebuah organisasi karena jujur saja saya belum pernah mempunyai pengalaman atau ikut serta dalam sebuah organisasi. Saya berinisiatif untuk berorganisasi entah itu dengan BEM, HMJ, NUANSA, ataupun yang lainnya, karena menurut saya semua organisasi sama saja, di dalam sebuah organisasi pasti kita di latih untuk mempunyai rasa tanggung jawab yang begitu besar, disiplin waktu, rasa kebersamaan maupun rasa kekeluargaan yang sangat erat, bedanya hanya pada setiap organisasi memiliki fungsi dan kegiatan masing-masing yang relatif satu sama lain mempunyai beda fungsi. Selain saya ingin ikut berorganisasian, saya juga ingin ikut kegiatan tentang kewirausahaan. Disana saya dilatih untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan. Selain menguntungkan untuk diri sendiri, menjadi seorang Wirausahawan juga mempunyai jasa dalam mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Negara kita ini.

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita ikut dalam sebuah organisasi dan kegiatan kewirausahaan, hal tersebut pasti sangatlah  berguna untuk kehidupan kita kedepan. Disinilah kita mendapatkan sebuah pelajaran untuk mengembangkan diri dan membentuk soft skill kita secara bertahap dan tentunya ada proses untuk menuju kesana. Soft skill sendiri sangat penting sekali untuk dunia kerja, karena di dalam dunia kerja saat ini tidak hanya Hard Skill saja yang dibutuhkan tapi juga membutuhkan Soft Skill yang ada pada individunya.

Apabila kita sudah mempunyai bekal Hard Skill dan Soft Skill yang cukup, saatnya kita untuk menatap masa depan. Paling tidak ya mempunyai gambaran mau jadi apa kelak. Gambaran saya menjadi Sarjana Statistika nanti, saya ingin bekerja di sebuah instansi penting khususnya pada  bidang Statistika yang di dalamnya terfokus dengan penolahan data, misalnya seperti BPS, LSI, Barometer, dll. Apabila itu tidak terwujud, saya tidak perlu khawatir untuk mencari lapangan pekerjaan, karena untuk bidang Statistika mempunyai peluang kerja yang sangat banyak. Sebut saja lapangan kerja di Sektor Industri, di sector industri kita bisa kerja di  Jasa Perbankan, Asuransi, Bursa Saham, BUMN, Lippo Group, atau yang lainnya. Atau ingin bekerja di Industri Strategis seperti PT, PAL, PT KAI, PLN, GAS, dsb.

Jadi dari semua yang sudah dijelaskan pada paragraf-paragraf sebelumnya saya menyimpulkan bahwa Statistika adalah bidang yang cukup unik, menarik dan banyak dibutuhkan di semua unit kerja, karena di dalam ilmu Statistika kita mendalami tentang bagaimana cara pengolahan data yang tepat dan akurat. Kita juga tidak perlu cemas masuk dalam bidang Statistika, karena Statistika sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Dan setelah kita lulus nanti, kita bisa menggunakan keahlian kita dalam mengolah data dan juga berbagai pelajaran tentang kehidupan yang telah kita dapatkan selama menjadi mahasiswa untuk bekal mencari pekerjaan atau mungkin membuat lapangan pekerjaan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar