Hello , welcome to my site :) enjoy !

welcome to my site, make your day to be fun with my world

Senin, 06 Desember 2010

Menuju Perubahan dengan Kedewasaan

Pertambahan usia secara alami mendorong seseorang mengalami sebuah perkembangan. Perkembangan ini dalam artian perkembangan kedewasaan. Menjadi dewasa adalah sesuatu yang bisa dipastikan dialami oleh setiap orang. Namun, banyak yang belum mengerti sebenarnya apa itu dewasa. Hal ini membuat penulis tertarik untuk membahas dan megulas lebih jauh tentang hal ini.
Proses kedewasaan adalah proses pembelajaran dimana seseorang dituntut menjadi pribadi yang lebih baik. Bagaimanakah perubahan yang lebih baik itu? Disini akan diulas lebih banyak tentang pribadi yang dikatakan dewasa.
Untuk menuju ke kedewasaan itu memiliki sebuah proses. Proses-proses itu muncul dari pengalaman hidup, lingkungan hidup, pergaulan, dan keluarga. Dari proses-proses itu akan terjadi sebuah perubahan terhadap pola berpikir, tingkah laku, dan sikap dia dalam menghadapi sesuatu. Perkembangan Cara berpikir, cara memandang hidup, cara menghargai orang lain, cara berbicara dan tingkah laku, itulah yang mencerminkan diri dewasa atau tidak.
Dari beberapa ciri kedewasaan di atas, penulis akan membahas lebih luas lagi.
Dimulai dari cara berpikir yang dewasa. Cara perpikir yang dewasa ini memiliki pengertian seorang individu dapat berpikir lebih tenang dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat menghasilkan solusi yang bijaksana. Dalam memberikan solusipun individu yang dewasa ini selalu mempertimbangkan baik buruk dan imbas yang akan terjadi dari solusi tersebut.
Tingkah laku yang bisa disebut dewasa yaitu dia dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan-lingkungan baru. Individu ini bisa menempatkan dirinya dalam setiap kondisi dan situasi tertentu. Individu ini akan lebih terlihat berwibawa, karena dia bisa menempatkan dirinya dengan mudah.
Ciri-ciri kepribadian yang selanjutnya adalah individu tersebut tahu bagaimana cara menghargai orang lain. Misalnya saja dalam suatu musyawarah individu ini akan menerima setiap pendapat dan akan menolak dengan halus.
Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa ada bebeberapa kriteria yang harus dipenuhi jika suatu individu dibilang individu yang dewasa. Kriteria itu adalah seseorang disebut dewasa jika dia memiliki cara berpikir dan tingkah laku yang baik, serta tahu bagaimana cara menghargai orang lain. Semua criteria itu harus terpenuhi jika seorang individu dikatakan sebagai individu yang dewasa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar